Powered By Blogger

Rabu, 24 Maret 2010

















FIBER GLASS ...

Kaca serat (Bahasa Inggris: fiberglass) atau sering diterjemahkan menjadi serat gelas adalah kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis dengan garis tengah sekitar 0,005 mm - 0,01 mm. Serat ini dapat dipintal menjadi benang atau ditenun menjadi kain, yang kemudian diresapi dengan resin sehingga menjadi bahan yang kuat dan tahan korosi untuk digunakan sebagai badan mobil dan bangunan kapal. Dia juga digunakan sebagai agen penguat untuk banyak produk plastik; material komposit yang dihasilkan dikenal sebagai plastik diperkuat-gelas (glass-reinforced plastic, GRP) atau epoxy diperkuat glass-fiber (GRE), disebut "fiberglass" dalam penggunaan umumnya.







Pembuat gelas dalam sejarahnya telah mencoba banyak eksperimen dengan gelas giber, tetapi produksi masal dari fiberglass hanya dimungkinkan setelah majunya mesin. Pada 1893, Edward Drummond Libbey memajang sebuah pakaian di World Columbian Exposition menggunakan glass fiber dengan diameter dan tekstur fiber sutra. Yang sekarang ini dikenal sebagai "fiberglass", diciptakan pada 1938 oleh Russell Games Slayter dari Owens-Corning sebagai sebuah material yang digunakan sebagai insulasi. Dia dipasarkan dibawah merk dagang Fiberglas (sic), lihat juga merk dagang yang menjadi generik.





Bahan-Bahan Dasar Pembuatan Fiberglass


















Resin

Resin adalah bahan kimia yang berbentuk cair, menyerupai minyak goreng, tetapi agak kental. Jenis resin bermacam-macam. Untuk bahan aksesoris fiberglass, umumnya menggunakan resin bening atau resin butek. Resin bening, biasanya digunakan untuk bentuk yang menonjolkan kebeningannya, seperti untuk aksesoris visor, kap lampu dll sebagai pengganti mika, namun penggunaan resin bening yang ada dipasaran untuk pengganti mika, masih belum menghasilkan kualitas yang memuaskan. Sedangkan resin jenis butek lebih banyak digunakan untuk pembuatan aksesoris, disamping harganya murah, resin ini dapat dengan mudah dibeli di toko-toko kimia.


















Katalis

Cairan ini bisa dibilang pendamping setia resin, cairan ini biasanya berwarna bening dan berbau agak sengak. Cairan ini berfungsi untuk mempercepat proses pengerasan adonan fiber, semakin banyak katalis maka akan semakin cepat adonan mengeras tetapi hasilnya kurang bagus. Cairan ini jika mengenai kulit akan terasa panas, seperti cairan air zuur.






















Kalsium Karbonat

Bahan berbentuk bubuk putih yang menyerupai terigu ini berfungsi sebagai pengental adonan fiberglass utama (resin, katalis dll). Semakin banyak campuran Kalsium Karbonat pada adonan, maka hasil fiberglass akan menjadi lebih tebal dan berat. Bahan ini dapat diganti dengan Talc, tetapi warna Talc agak lebih gelap. Tetapi saya belum menemukan perbedaan yang signifikan penggunaan Talc & Kalsium Karbonat.






















Met/Matt

Met merupakan bahan serat kaca. Bahan ini berfungsi sebagai serat penguat dari adonan fiberglass ketika akan dicetak, agar hasilnya menjadi lebih kuat dan tidak mudah pecah. Bentuk met bermacam-macam, ada yang mirip bihun, kain, karung dan sarang lebah. Tetapi yang banyak dijumpai dipasaran adalah yang berbentuk seperti bihun.






















Kobalt (Cobalt Blue)

Kobalt adalah bahan kimia yang berbentuk cair, berwarna biru mirip tinta dan mempunyai aroma tidak sedap. Cairan ini digunakan untuk tambahan campuran adonan resin & katalis, agar adonan lebih merekat pada met dan mempercepat pengerasan adonan fiber. Terlalu banyak menambahkan Kobalt dapat mengakibatkan hasil fiber yang getas (rapuh).







Wax (Mold Release)

Bahan ini sepintas mirip mentega/keju ketika masih di dalam wadahnya. Berfungsi sebagai pelicin pada tahap pencetakan yang menggunakan mal/molding, agar antara molding dengan hasil cetakan tidak saling merekat, sehingga dengan mudah dapat dilepaskan.









PROSES PEMBUATAN FIBERGLASS

Proses pembuatan Fiberglass diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) tahapan, yaitu :

(a) mencampur 6 (enam) bahan utama menjadi bahan dasaran;

(b) membuat campuran penguat; dan

(c) finishing atau penyempurnaan.



Agar dapat dihasilkan kualitas Fiberglass yang kuat,campuran bahan untuk master cetakan harus lebih tebal dari pada Fiberglass hasil, yaitu sekitar 2-3 mm atau dilakukan 3-4 kali pelapisan. Sebagai gambaran misalnya akan membuat sebuah komponen bodi kendaraan.

Proses membuat campurannya adalah sebagai berikut :

Resin sejumlah 1,5 — 2 liter dicampur dengan talk dan diaduk rata. Apabila campuran yang terjadi terlalu kental maka perlu ditambahkan katalis. Penggunaan katalis harus sesuai dengan perbandingan 1 : 1/40. Oleh karena itu apabila resinnya 2 liter, maka katalisnya 50 cc.
Selanjutnya ditambahkan erosil antara 400 — 500 gram pada campuran tersebut dan ditambahkan pula pigmen atau zat pewarna.

Apabila semua campuran tersebut diaduk masih terlalu kental, maka perlu ditambahkan katalis dan apabila campurannya terialu encer dapat ditambahkan aseton. Pemberian banyak sedikitnya katalis akan mempengaruhi cepat atau lambatnya proses pengeringan. Pada cuaca yang dingin akan dibutuhkan katalis yang lebih banyak.

Setelah campuran bahan dasar dibuat, langkah berikutnya adalah memoles permukaan cetakan dengan mirror (sebagai pelicin dan pengkilap) dan dilakukan memutar sampai lapisannya benar-benar merata.
Agar didapatkan hasil yang lebih baik, perlu ditunggu beberapa menit sampai pelicin tersebut menjadi kering.Untuk mempercepat proses pengeringan, dapat dijemur di terik matahari.
Apabila mirror sudah terserap, permukaan cetakan dapat dilap dengan menggunakan kain bersih hingga mengkilap.

Selanjutnya permukaan cetakan dioleskan PVA untuk menjaga agar permukaan cetakan tidak lengket dengan Fiberglass hasil.
Langkah berikutnya adalah mengoleskan permukaan cetakan dengan adonan/campuran dasar sampai merata, dan ditunggu sampai setengah kering.
Selanjutnya di atas campuran yang telah dioleskan dapat diberi selembar mat sesuai dengan kebutuhan, dan dilapisi lagi dengan adonan dasar. Untuk menghindari adanya gelembung udara, pengolesan adonan dasar dilakukan sambil ditekan, sebab gelembung akan mengakibatkan Fiberglass mudah keropos. Jumlah pelapisan adonan dasar disesuaikan dengan keperluan, makin tebal lapisan maka akan makin kuat daya tahannya. Selain itu sebagai penguat dapat ditambahkan tulangan besi atau tripleks, terutama untuk bagian yang lebar. Tujuannya adalah agar hasilnya tidak mengalami kebengkokan.

Apabila diperlukan, dilakukan pengerolan menyesuaikan alur-alur atau lekukan-lekukan yang ada di cetakan.
Untuk mempercepat proses pengeringan, dapat dijemur di terik matahari.Pelepasan Fiberglass hasil dilakukan apabila lapisan adonan tersebut sudah kering dan mengeras, sebab apabila dilepas sebelum kering dapat terjadi penyusutan.Pada langkah finishing, dilakukan pengamplasan permukaan Fiberglass, pendempulan, dan pengecatan sesuai denganwarna yang diinginkan






















FIBER YANG DIPERDAGANGKAN

















-tong sampah 2 buah berkaki
ukuran standard
harga jual Rp. 1.285.ooo

dapat dipesan sesuai dengan keinginan konsumen
baik ukuran maupun warna.


















-speed boot

mempunyai muatan 6-8 orang
harga jual Rp. 17.000.000
tanpa mesin
kapasitas mesin 40pk-80pk



konsumen juga dapat memesan sesuai kebutuhan.
speed boot ini biasanya digunakan oleh puskesmas keliling dan patroli polisi laut.


















- bak kamar mandi warna putih
ukuran 50.50.80
harga jual Rp. 395.000

-bak mandi warna pink
ukuran 70.70.70
harga jual Rp. 425.000

-tangki segi empat
ukuran 600 liter
harga jual Rp. 725.000

-tangki selinder
ukuran 650 liter
harga jual Rp. 825.000

-tangki selinder
ukuran 750 liter
harga jual Rp. 895.000

konsumen dapat memesan sesuai dengan warna dan ukuran yang diinginkan.




















-pelosotan anak-anak
ukuran standard
harga jual Rp. 2.100.000

ukuran, warna dan gambar dapat dipesan sesuai keinginan konsumen.
biasanya pelosotan ini dimainkan oleh anak-anak, umumnya untuk taman kanak-kanak.




















Semua harga fiber glass yang kami sediakan masih dapat dinegosiasikan, sesuai dengan kesepakatan.
Fiber glass yang kami punya masih banyak lagi jenis-jenis lainnya.
Apabila konsumen berminat untuk memesan dan membelinya hubungi alamat yang tertera di alamat blog ini, karena tidak semua jenis fiber berada dalam blog ini.










14 komentar:

  1. Apakah ada bak fiberglass dengan ukuran 40cm (tinggi) x 80cm (lebar) x 160cm (panjang) atau yang mendekati? Kalau ada berapa harganya: kami perlu 4 (empat). Dan juga bak berukuran 80cm (tinggi) x 80cm (lebar) x 120cm (panjang), kami perlu 2 (dua). Tolong kirim informasi ke email saya di bentamba@aol.com.

    Terima kasih.
    Ben Tamba
    Bandung

    BalasHapus
  2. 1 ungkapan buat blog ini, LUAR BIASA! Sy suka n tertarik banget dengan informasi ini, karena slama ini sy sedang bingung mencari "bisnis rumahan kcil2an, tp setelah sy membaca lengkap ttg pmbuatan fiberglass ini sy jd tergugah untuk mempelajari lebih mendalam dan segera memulai dan memperaktekan jenis usaha ini. karena sy tertarik untuk pembuatan body motor/ mobil. kalo boleh sy ingin magang dan belajar di perusahaan anda agar menghasilkan ilmu dan pengalaman yang maximal untuk bekal usaha sy kelak. sy sekarang masih di DUBAI UAE sebagai designer sebuah Retail. sy sudah cappek hidup jauh dr keluarga, ingin membuat bisnis/usaha sendiri. mohon bantuannya. Terimakasih Holil Nurohman
    email: holilnurohman@yahoo.com
    blog: holilnurohman.wordpress.com
    fb: holil nurohman
    hp: +971 554366341 (no slama sy di dubai)

    BalasHapus
  3. pak kalau saya butuh serat gelas nya aja dimana pesannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya menjual seratnya hubungi 085795573061. pembelian dilakukan COD. harga nego.

      Hapus
  4. di pontianak nyari bahan2 itu di mana, bro ?

    BalasHapus
  5. berapa perkiraan harga untuk melapis kolam berukuran 5x7x1m, banyaknya lapisan 3 lapis

    BalasHapus
  6. saya perlu carbon fiber... jual ga pak?
    trims

    BalasHapus
  7. saya butuh fiberglass arg 2400 untuk keperluan kubah GRC kalau ada tolong hub ke no ini 085779222704
    terimakasih

    BalasHapus
  8. saya perlu resin bening n catalis ny... beli dmn ye???

    BalasHapus
  9. informasi yang sangat bermanfaat...bagus..salam sukses

    BalasHapus
  10. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah elmu.

    Finishing Floor Hardener
    Apa itu Epoxy.

    ----------

    BalasHapus
  11. sangat menarik dan bermanfaat infonya thx..kunjungi juga http://www.ahlibeton.co.id/2015/09/epoxy-lantai.html untuk epoxy lantai

    BalasHapus
  12. Berapa harga fiber untuk grc per roll gan

    BalasHapus
  13. Online Casino Games - Karangpintar
    If kadangpintar you are looking for an exciting casino experience, check out Kadecas in Kadecas, 카지노사이트 a top destination for players from 메리트카지노 around the world.

    BalasHapus